12.17.2008

MAHASANTRI di Al-Hikmah Dua


Pekan kemarin (11-14 dec)merupakan temu Akbar mahasiswa Beasiswa Depag RI yang dikenal dengan CSS MoRa, yang di tempatkan di Ponpes Al-Hikmah 2, Benda Sirampog Brebes Jawa Tengah. Termasuk diantara sekitar 1036 Mahasiswa dari 9 Perguruan Tinggi bergengsi saya merasakan ungkapan yang luar biasa serta apresiasi dari berbagai tokoh terhadap komunitas ini. Mungkin sejak pertama kalinya diluncurkan program ini, baru tahun 2008 ini komunitas santri ini mulai dikenal oleh masyarakat, karena sudah membiayai seribu lebih santri berprestasi. 

Satu Hal yang saya dapat dari Al-hikmah, bahwa ilmu agama itu tidak hanya terbatas pada teks-teks yang tertlis dalam kitab-kitab kuning atau buku pakar-pakar agama. Dalam sambutan pada acara penutupan pengasuh ponpes al Hikmah mengemukakan bahwa orang akan menuju kesuksesan bila konsisten (istiqomah) pada dua hal, pertama adalah berdzikir dan berfikir. Berdzikir-pun tidak sebatas dengan ungkapan lafadz-lafadz nelainkan adala upaya mengingat Allah atau ciptaannya dengan bentuk apapun. lebih lanjut beliau menyitir suatu hadis bahwa yang dibamakan majlis dzikir adalah majlis dimana disitu dibahas halal dan haram, kebenaran dan kebatilan. 

Apa yang dikatakan beliau sangat nampak sekali dalam program dan bentuk pola pendidikan pada Al-Hikmah, santri tidak hanya diarahkan pada hal-hal yang berbau teks-teks agama, berbagai program semisal peternakan, perikanan, perkebunan hingga pengelasan-pun ada. Benar jika pengasuh punya santri pengamen yang menjadi kiayi diantara pengamen-pengemen, kiayi di antara pedagang. 

Hal inilah yang perlu ditekankan kepada para santri, agar mempunyai eksistensi yang tinggi dan kebanggaan dengan label santrinya. Dan inilah pesan beliau juga kepada santri-santri mahasiswa ini. 

Salut buat Al-Hikmah,semoga terus maju memperjuangkan santri, semoga bisa berkunjung lagi suatu saat.........!!!!



4 komentar:

  1. acaranya seruuuuuuuuuuuuu, apalagi ngantrinya.. hehee kembali ke laptop,, tp gpp itu artinya Qt CSS MORA dapat bertahan dalam keadaan bagaimanapun. Sukes buat semuanya, moga tambah lebih baik

    BalasHapus
  2. wah makasih ya ......
    saya doain mas - mas semua bisa main ke al hikmah lagi

    BalasHapus
  3. sangat seneng bisa mengabdikan diri ke masyarakat dan para santri di Al-Hikmah 2. moga tahun depan ada lagi pembinaan santri berprestasi (CSS MoRA) dan bisa lebih baik lagi. semangat.....,

    BalasHapus
  4. ALhamdulillahh ,, ALHIKMAH sukses selalu . :D

    BalasHapus